Selasa, 08 Maret 2011

Membuat Daftar Isi Menggunakan MS Word 2003


Daftar Isi

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat daftar isi (Table of Contents/TOC), yaitu menggunakan outline-level formats, heading styles dan dengan menandai entry. Jika dokumen yang dibuat telah mengaplikasikan atau heading styles maka daftar isi dapat dibuat dengan lebih mudah.

Membuat Daftar Isi Menggunakan Heading Styles

  1. Sebelum membuat daftar isi, setiap judul atau sub judul masing-masing bab haruslah diformat dengan style heading yang bersesuaian. Misalnya Heading 1 untuk judul, Heading 2 untuk subjudul, Heading 3 untuk subsubjudul dan seterusnya.
  2. Klik Format-Style and Formatting atau klik icon image pada Formatting Task Bar.
    image
  3. Pilihlah teks yang akan dijadikan judul/subjudul.
  4. Klik format heading yang diinginkan pada Style And Formatting Task Pane maka teks yang terpilih akan berubah sesuai heading styles yang dipilih.
  5. Lakukan langkah 3 dan 4 untuk semua judul/subjudul yang akan ditampilkan pada Daftar Isi.
  6. Letakkan kursor pada tempat daftar isi yang diinginkan
  7. Klik Insert-Reference-Index and Tables
    image
  8. Kemudian dilakukan pengaturan yang diperlukan untuk mendapatkan daftar isi yang sesuai keinginan.
  9. Untuk menentukan level yang ditampilkan dilakukan dengan menambah-mengurangi angka pada Show levels.
  10. Untuk mengatur format dapat dipilih format yang telah tersedia dengan mengklik Formats drop down.
  11. Pengaturan format lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengklik Options dan Modify.
  12. Jika siklik Options maka akan muncul jendela Table of Content’s Options, dimana kita dapat memilih styles apa saja yang dimasukkan secara otomatis ke Daftar Isi yang akan dibuat, beserta levelnya di Daftar Isi.
    image
  13. Jika diklik Modify maka akan muncul jendela Style, tempat kita dapat mengubah format dari masing-masing level dari Daftar Isi.
    image
  14. Jika telah selesai pengaturan dari Daftar Isi klik OK maka akan ditampilkan Daftar Isi pada kursor yang saat ini sedang ditunjuk. Gambar di bawah menunjukkan contoh hasil pembuatan Daftar Isi.
    image

Pembaharuan Daftar Isi

  1. Klik daftar isi yang akan diperbaharui.
  2. Tekan F9 atau klik kanan daftar isi dan pilih Update Field sehingga akan muncul jendela Update table of Contents
    image
  3. Klik pilihan yang dipilih, hanya memperbaharui nomor halaman atau memperbaharui seluruh isi tabel.
  4. Klik OK.

Membuat Daftar Isi Menggunakan Outline Levels

  1. Klik View – Outline
  2. Pilih teks yang akan dijadikan judul/sub judul yang akan dimasukkan ke Daftar Isi, kemudian pada jendela Outline Level pilih level yang sesuai dengan judul/subjudul.
  3. Lakukan langkah 2 untuk semua judul/subjudul yang akan ditampilkan pada Daftar Isi.
  4. Lakukan langkah 6 hingga 14 yang terdapat pada bagian Membuat Daftar Isi Menggunakan Heading Styles.
  5. Untuk kembali ke tampilan semula klik View – Print Layout.

Membuat Daftar Isi Dengan Cara Menandai Entry

  1. Letakkan kursor pada awal kata/kalimat yang akan dijadikan judul/subjudul, tekan alt+shift+O hingga tampil Mark Table of Contents Entry.
    image
  2. Pada Entry tuliskan judul/subjudul yang akan ditampilkan pada Daftar Isi. Atur pula levelnya pada Daftar Isi, kemudian klik Mark.
  3. Setelah judul/subjudul yang dimaksud ditandai maka pada layar akan terlihat kode-kode paragraf. Kode tersebut dapat disembunyikan dengan menekan image pada Standard Toolbar.
  4. Lakukan langkah 2 untuk semua judul/subjudul yang akan ditampilkan pada Daftar Isi.
  5. Lakukan langkah 6 hingga 14 yang terdapat pada bagian Membuat Daftar Isi Menggunakan Heading Styles, jangan lupa pada jendela Table of Content’s Options (langkah 12) klik Table entry fields.

12 Responses to “Membuat Daftar Isi Menggunakan MS Word 2003”

  1. cintaqu Says:

    Woy…Thanks ya atas Infonya…

  2. Cara Mengatur Nomor Halaman Dgn Peletakkan Berbeda-Beda di MS Word 2003 « -(v)- rachmat hidayat -(v)- Says:

    [...] Untuk membuat daftar isi otomatis tutorialnya sudah ada klik aja di sini. [...]

  3. moratmarit Says:

    Makasih pak tutorialnya..
    Berguna banget nih..

    http://www.moratmarit.com

  4. anak_kucin6 Says:

    mantab nih infonya…
    semoga wawasannya tambah luas gan n sering share terus…
    :D

  5. feizaina Says:

    Thanks … meski ngerti dikit sih.. tapi bisa minta tolong tidak di kirim ke emailku.. Thank sebelumnya

  6. namira Says:

    terima kasih ilmunya, saya yakin bermanfaat khususnya buat saya …..

  7. Parmin Says:

    gmna cara bwt titik pada daftar isi ????

  8. phe Says:

    misi org gaptek numpang tanya,,,

    mas mas say punya tutorial kaya gitu tp sudah dalam bentuk word trs sy mau masukan ke blog saya gmn ya caranya??
    lier euy…
    tolong penjelasannya y mas si gaptek ini..

    hhe.. tengkyu,,

  9. ato Says:

    Bagaimana mengatasi masalah seperti ini:
    BAB I
    PENDAHULUAN
    ketika saya buat daftar isi dengan menggunakan Table of Contents hasilnya seperti ini :
    BAB I…………………………………………………………1
    PENDAHULUAN…………………………………………1
    bisa g biar hasilnya seperti ini :
    BAB I PENDAHULUAN …………………………………1
    tanpa harus memodifikasi manual
    makasi.

  10. adjie Says:

    @ato
    perkiraan saya anda mengetiknya begini
    BAB I [ENTER]
    PENDAHULUAN

    seharusnya begini

    BAB I [SHIFT + ENTER]
    PENDAHULUAN

    sehingga antara BAB I dengan PENDAHULUAN tetap dianggap paragraf yang sama meskipun ganti baris

    semoga membantu

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus