Kamis, 11 November 2010

PERPETAAN

Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi.
Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.
Daftar isi [sembunyikan]
1 Syarat-syarat peta
2 Fungsi
3 Unsur-unsur
4 Pranala luar

Syarat-syarat peta
Peta harus rapi dan bersih
Peta tidak boleh membingungkan
Peta harus mudah dipahami
Peta harus memberikan gambaran yang sebenarnya
Peta harus ada indeks,daftar isi,keterangan

Fungsi
- Menyeleksi data
- Memperlihatkan ukuran
- Menunjukkan lokasi relatif
- Memperlihatkan bentuk

Unsur-unsur
Judul Peta
Mencerminkan isi sekaligus tipe peta. Penulisan judul biasanya di bagian atas tengah,atas kanan,atau bawah. Walaupun demikian,sedapat mungkin,di letakkan di atas kanan.

Legenda / keterangan
Keterangan dari simbol-simbol yang merupakan kunci untuk memahami peta.

Tanda arah / Orientasi
Umumnya arah utara,tetapi ada juga yang lengkap. Letaknya di tempat yang sesuai

jika ada garis lintang dan bujur,koordinat dapat sebagai petunjuk arah.

Skala
Perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya dilapangan,ditulis di bawah judul peta,di luar garis tepi/di bawah legenda.

Contoh-contoh skala:
a. Skala Angka(1:2.500.000)artinya setiap 1 cm dalam peta sama dengan 2.500.000 kali jarak dalam peta.
b. Skala garis. Skala ini dibuat dalam bentuk garis horisontal yang memiliki panjang tertentu dan tiap ruas berukuran 1 cm/lebih untuk mewakili jarak tertentuyang diinginkan oleh pembuat peta.
c. Skala Verbal. Skala yang ditulis dengan kata-kata.
Inset
Peta kecil yang disisipkan di peta utama
Sumber dan Tahun pembuatan peta
Dari mana data dan tahun ketika peta dibuat.
Warna
Peta menggunakan warna yang menarik dan sesuai.

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus